CARA MEMILIH KOMPUTER YANG BAIK


CARA MEMILIH KOMPUTER YANG BAIK DAN BENAR




Dunia komputer merupakan dunia dengan perubahan teknologi yang sangat pesat. Komputer kini dapat ditemui dalam berbagai bentuk, baik sebagai alat bantu kerja biasa maupun chip yang ditanamkan dalam perangkat tertentu. Saat ini bukan hal yang aneh melihat orang hilir mudik membawa komputer, sesuatu yang tak terbayangkan saat komputer pertama kali diciptakan.
UNIVAC-komputer komersil yang pertama digunakan-berukuran beberapa puluh ton dan besarnya mencapai ukuran 1 rumah. Daya listrik yang digunakan bisa menghidupkan 1 blok rumah dan harus secara periodik dimatikan agar perangkatnya tidak leleh karena panas yang dihasilkan.
Kini berbagai pilihan bentuk dan jenis komputer tersedia, mulai dari harga yang relatif terjangkau hingga harga yang mahal. Banyaknya variasi ini disatu sisi menguntungkan karena memberikan banyak pilihan namun disisi lain bisa membuat para pengguna akhir (end user) kebingungan menentukan jenis komputer yang paling tepat yang bisa digunakan.
Secara umum ada 3 varian komputer untuk bekerja yang umum digunakan, yaitu Desktop PC, Notebook dan Netbook.

Dekstop PC
Desktop PC, sesuai namanya adalah perangkat komputer yang terdiri dari CPU (Central Processing Unit), monitor dan pheriperal lainnya. Desktop PC mudah dijumpai diberbagai perkantoran, kampus, warnet maupun rumah. Meski monitornya bisa berbentuk monitor CRT maupun LCD, desktop PC mudah dikenali karena CPU dan monitornya terpisah. Desktop PC biasa disebut sebagai PC biasa.

Notebook
Notebook lebih dikenal sebagai laptop. Benefit utama dari Notebook adalah sifatnya yang mobile dan mudah dibawa. Sebagian Notebook juga memiliki kemampuan komputasi yang tinggi sehingga menjadi pengganti desktop PC yang bisa diandalkan. Sayangnya, harga Notebook relatif tinggi dan memiliki keterbatasan jumlah maksimal perangkat yang bisa ditambahkan. Sebagai contoh, desktop PC dapat memuat hingga 3 keping memori (RAM, Random Access Memory) namun sebagian besar laptop hanya menyediakan 1 atau paling banyak 2 buah slot untuk memori.

Netbook
Netbook merupakan generasi terbaru dari Notebook namun berukuran lebih kecil dan umumnya memiliki daya komputasi lebih rendah daripada Notebook. Jika layar LCD pada Notebook rata-rata berukuran antara 12″-14″, layar Netbook umumnya berukuran 8″-10″. Netbook lebih ringan dan dan mudah dibawa karena bentuknya kecil dan tipis. Harga Netbook lebih murah dari Notebook karena spesifikasi Netbook lebih rendah. Selain spesifikasi yang lebih rendah, harga Netbook lebih rendah karena tidak menyertakan beberapa pheriperal yang umumnya disertakan pada Notebook, misalnya optical drive (CD/DVD ROM/RW).

Berikut adalah beberapa pertimbangan memilih tipe komputer yang paling tepat untuk kebutuhan kita sebagai pengguna komputer :
  1. Mobilitas.
Jika anda lebih banyak menggunakan komputer secara mobile, pilih Notebook atau Netbook. Desktop PC bisa dipilih jika komputer lebih banyak digunakan dimeja kerja yang tidak/jarang berpindah-pindah

  1. Harga.
Jika anda concern pada harga, pilih Desktop PC atau Netbook. Untuk harga yang sama, spesifikasi desktop PC jauh lebih tinggi dibandingkan Notebook atau Netbook. Desktop PC juga memiliki keunggulan dalam hal penambahan komponen baru atau penggantian komponen tertentu.

  1. Fungsionalitas.
Jika anda menggunakan komputer hanya untuk browsing, chatting, menulis dan bekerja dengan aplikasi perkantoran (pengolah kata, spreadsheet dan presentation), pilihlah Netbook. Netbook juga bisa dipilih jika anda berniat membekali anak anda dengan komputer yang ringan baik dari sisi berat, harga maupun aplikasi yang digunakan. Netbook cocok digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah yang memerlukan komputer
Jika anda pengguna aplikasi kelas berat semacam edit gambar, multimedia atau programming, gunakan Desktop PC atau Notebook. Jangan memilih Netbook karena spesifikasi Netbook diperuntukkan untuk aplikasi ringan seperti pengolah kata, browser dan messenger
Dalam bahasa marketing, Notebook dan Desktop PC diperuntukkan bagi content maker(pencipta aplikasi) sedangkan Netbook diperuntukkan bagi content user (pengguna aplikasi), meski demikian hal ini tidak sepenuhnya tepat karena para pengguna games tentu lebih memilih Notebook atau Desktop PC dibandingkan Netbook

  1. Penempatan.
Netbook atau Notebook cocok digunakan untuk tempat yang ringkas dan digunakan hanya pada waktu tertentu sedangkan Desktop PC lebih tepat digunakan untuk workstation yang sifatnya menetap. Karena ukurannya yang compact, Notebook dan Netbook membuat meja kerja tampak lebih rapi.

  1. Upgrading & Kelengkapan.
Desktop PC relatif lebih mudah diupgrade dan ditingkatkan kemampuannya dibandingkan Netbook maupun Notebook. Karena ukurannya yang kecil dan compact, penggantian komponen tertentu pada Notebook maupun Netbook memerlukan pheriperal khusus dan terbatas pada beberapa komponen tambahan saja.

Lantas, apa saja sih yang perlu diperhatikan jika memilih komputer? Agar tidak bingung, berikut adalah checklist yang bisa menjadi rujukan jika hendak memilih komputer :

  1. Processor.
Processor ibarat otak komputer. Processor menjadi komponen utama yang menentukan kecepatan komputer. Desktop PC dan Notebook umumnya memiliki tipe processor Intel Pentium sedangkan Netbook menggunakan processor Atom. Processor Atom menggunakan sedikit daya listrik namun daya komputasinya lebih rendah daripada processor Pentium. Selain Intel Pentium tersedia juga processor Intel Celeron, AMD Athlon, AMD Sempron dan AMD Duron. Intel Celeron adalah generasi processor Intel dengan harga dan kecepatan lebih rendah daripada Pentium. Processor Athlon merupakan processor buatan AMD yang sepadan dengan Pentium sedangkan Sempron dan Duron sepadan dengan Celeron. Kecepatan processor diukur dalam Ghz, semakin tinggi semakin cepat.
Central Processing Unit (CPU) adalah pusat dari seluruh sistem komputasi. Dikenal sebagai “otak” dari sebuah komputer, CPU adalah hal terpenting yang menentukan kinerja sebuah komputer. Apabila anda ingin membeli komputer baru, sangatlah penting untuk memahami fungsi sebuah CPU. Juga dikenal sebagai prosesor, CPU lah yang menangani dan melakukan hampir seluruh perintah dari hardware dan software komputer.
Ketika anda memasuki toko komputer, ada banyak hal lain yang akan dipromosikan. Seperti misalnya Giga atau RAM, atau kartu grafis, maupun penyimpanan data (storage). Ada banyak komponen lain yang mungkin menarik perhatian anda. Akan tetapi selalu jadikan prosesor sebagai pertimbangan pertama, karena itulah ‘otak’ PC anda.
Kebanyakan orang menggunakan komputer untuk melakukan beberapa kegiatan sekaligus, membaca e-mail sambil mendengarkan musik online dan browsing Internet secara bersamaan. Karenanya, komputer harus bisa “berpikir” dengan cepat untuk mengikuti kebiasaan orang-orang yang suka mengerjakan beberapa hal sekaligus. Komputer-komputer modern memiliki beberapa core (“otak”) yang dapat memproses beberapa kegiatan sekaligus. Oleh karena itu, prosesor yang lebih baru dan lebih cepat biasanya memiliki kekuatan komputasi tambahan yang membuat pembelian PC anda menjadi sebuah investasi yang bijak.
Sayangnya, seringkali konsumen pada saat membeli komputer juga “mengupgrade” beberapa komponen komputernya, tetapi hanya mendapatkan peningkatan kinerja komputer yg kecil.

  1. RAM (Random Access Memory) Memori.
RAM merupakan komponen penunjang kecepatan komputer. Processor tinggi namun RAM rendah akan tetap menghasilkan komputer yang lambat. RAM diukur dalam satuan MB (Mega Byte) atau GB (Giga Byte). Untuk komputer generasi saat ini, RAM minimal 1 GB merupakan satu keharusan karena beberapa sistem operasi modern mempersyaratkan demikian.
RAM adalah memori untuk menyimpan data sementara pada sebuah PC. Untuk pengguna PC pada umumnya, RAM sebesar 2GB adalah sudah mencukupi untuk keperluan sehari-hari. anda dapat menggunakan hampir semua software, memainkan game 3D, mengedit video, browsing Internet, memainkan iTunes, menulis dokumen dan mengirim e-mail – di saat bersamaan.
Menambahkan/upgrade RAM dari 2GB menjadi 4GB sering kali hanya menghasilkan peningkatan kinerja yang sedikit, dibandingkan menggunakan RAM sebesar 2GB dan mengupgrade prosesor dengan tingkat yang lebih tinggi, yang akan memberikan kinerja yang jauh lebih baik.
Anda mungkin akan mendapatkan masukan dari teman yang dianggap “ahli” mengenai “clock speed“, yaitu kecepatan sebuah prosesor dalam menyelesaikan sebuah tugas. Kecepatan tersebut memiliki satuan Gigahertz (GHz), dulu semakin tinggi angka itu berarti semakin cepat kinerja prosesor tersebut. Tapi kini tidak seperti itu lagi.
Kemajuan teknologi prosesor beberapa tahun terakhir telah memungkinkan CPU untuk memiliki kinerja lebih tinggi tanpa memerlukan clock speed yang lebih cepat. Beberapa prosesor Intel mendapatkan kekuatan ekstra pada saat dibutuhkan dengan Teknologi Turbo Boost. Turbo Boost tersebut tidak aktif saat tidak dibutuhkan, untuk menghemat konsumsi pemakaian listrik, tapi akan menyala secara otomatis ketika diperlukan dan membantu CPU untuk beroperasi lebih cepat dari clock speed-nya.
Perlu juga untuk diingat bahwa membandingkan ”clock-speed“ hanya dapat dilakukan antara prosesor-prosesor dari merk yang sama.  Karena jumlah core – unit prosesor di dalam setiap CPU – mungkin berbeda, di mana juga teknologi dan cara CPU tersebut dibuat dari masing-masing merk adalah sangat berbeda, oleh karena itu, membandingkan clock speed antara CPU dari merek berbeda tidak dapat memberikan informasi yang berarti bagi anda.
Kebanyakan chip papan atas/High End memiliki dua (dual core) atau empat (quad core) core. Namun demikian, membandingkan jumlah core dalam prosesor dari produsen yang berbeda juga sangat sulit. Semakin banyak core tidak selalu berarti memberikan kinerja yang lebih baik. Misalnya, satu prosesor dual core Intel dalam CPU anda memiliki kinerja sampai 37% lebih tinggi dibanding CPU quad core merk lainnya. Jika diterjemahkan dalam istilah komputasi, ini berarti anda dapat mengonversi 25 lagu menjadi MP3 dalam waktu 5 menit, atau mengubah ukuran lebih dari 42 foto dalam waktu satu menit.

3.      Harddisk.
Harddisk digunakan untuk penyimpanan data. Diukur dalam satuan GB (Giga Byte), beberapa tipe harddisk mencapai ukuran 1 TB (1 Tera Byte = 1024 GB). Selain ukuran besar, perhatikan ukuran kecepatan harddisk, yang diukur dalam satuan RPM. Semakin tinggi RPM semakin cepat harddisk yang digunakan. Harddisk terdiri dari beberapa tipe, antara lain IDE, SATA dan SCSI. Harddisk SCSI lebih cepat dan umum digunakan untuk server, namun harganya lebih tinggi daripada harddisk SATA maupun IDE. Jika memilih Notebook atau Netbook, pilih tipe yang memiliki harddisk besar karena harddisk untuk Netbook atau Notebook berukuran istimewa (kecil dan tipis) dan tidak mudah diganti seperti halnya Desktop PC.

  1. Pheriperal.
Pilihlah tipe komputer yang memiliki pheriperal tambahan yang banyak. Wireless LAN/WLAN merupakan komponen wajib selain konektor RJ-45 untuk network via kabel. Tambahan optical drive seperti CD/DVD ROM dan CD/DVD RW juga bisa menjadi pilihan menarik. Pilih juga tipe komputer dengan komponen tambahan seperti slot untuk USB, Memory Card Reader, Bluetooth dan lain-lain.

  1. Daya Baterai.
Hal ini harus diperhatikan jika memilih Notebook/Netbook. Akan sangat menjengkelkan jika kita sedang bekerja secara mobile namun terhenti karena baterainya cepat habis. Pilih baterai yang mempunyai daya yang lebih lama.

  1. Teknologi.
Teknologi komputer lekas usang. Lebih baik memilih spesifikasi yang lebih tinggi dari kebutuhan dibandingkan menghemat beberapa rupiah namun kemampuannya tertinggal hanya dalam hitungan beberapa bulan saja.

  1. Sistem.
Ada beberapa tipe komputer yang dioptimasi hanya untuk sistem operasi tertentu. Sebagian besar komputer yang dijual malah tidak menyertakan sistem. Tanyakan pada penjual sistem operasi apa saja yang didukung dan kemungkinan menggunakan sistem dengan tipe dan versi yang berlainan.

8.      Kartu Grafis
Hal lainnya yang patut anda dipertimbangkan adalah Kartu Grafis ketika membeli PC. Saat bermain game, menonton video, atau memasang film Blu Ray, para konsumen sekarang mulai memikirkan kualitas grafis PC mereka. anda mempunyai pilihan antara chip grafis yang terintegrasi dalam CPU atau chip grafis yang terpisah.
Kekeliruan yang sering terjadi adalah pembelian komputer dengan menggunakan kartu grafis papan atas terpisah yang mahal, yang digandengkan dengan prosesor papan bawah/low end,  Sayangnya kombinasi tersebut hanya akan sedikit meningkatkan kinerja pada tampilan grafis.
Untuk menonton video online dan piringan Blu Ray, atau pun browsing website multimedia seperti Facebook, anda tidak memerlukan komputer yang menggunakan kartu grafis terpisah yang mahal. Chip grafis yang terintegrasi dalam komputer-komputer baru saat ini telah dirancang untuk melakukan tugas tersebut, dan bila anda ingin meningkatkan kinerja komputer anda pada aplikasi penggunaan komputer seperti disebutkan sebelumnya, akan lebih baik jika anda meng-upgrade prosesor anda dengan menggunakan salah satu CPU berteknologi Core Intel, yang akan meningkatkan kualitas grafis sesuai keinginan anda, sekaligus meningkatkan kinerja aspek-aspek lain dalam komputer anda.
Jika anda hardcore game 3D, menggunakan komputer untuk aplikasi arsitektur atau ilmu teknik, atau membuat desain grafis yang rumit, atau mengedit video secara profesional, maka membeli kartu grafis terpisah yang mahal belum tentu memberikan keuntungan kinerja grafis 3D secara sempurna seperti yang anda harapkan, apabila tidak dipasangkan dengan upgrade CPU yang sesuai.
Perlu diingat bahwa setiap aplikasi komputer dijalankan oleh CPU. Keuntungan yang didapat dari memindahkan proses ke dalam sistem kartu grafis terpisah, hanya terbatas pada beberapa fitur dari beberapa aplikasi PC yang berhubungan dengan tampilan grafis saja
Kecepatan memproses adalah prioritas pengguna komputer pada umumnya, dan kinerja yang lebih baik bisa didapatkan dengan meng-upgrade CPU.

Jadi, yang mana yang harus dibeli?
Membeli sebuah PC adalah sebuah keputusan besar. Walaupun anda mungkin menghabiskan uang lebih banyak untuk membeli sebuah rumah atau mobil, sekarang PC sudah menjadi salah satu bagian paling penting di rumah anda, baik untuk berkomunikasi maupun hiburan. Pembelian sebuah PC harus dipikirkan baik-baik  dan didasarkan atas aktifitas yang akan anda kerjakan, begitu juga kinerja yang anda butuhkan. Hal paling utama dalam menentukan kinerja yang tepat adalah dengan memilih CPU, ‘otak’ PC, yang tepat.
Maka dari itu, jangan memusingkan soal upgrade atau komponen tambahan yang tidak diperlukan. Cukup pastikan bahwa anda telah memilih CPU yang tepat, maka anda akan mendapatkan kinerja PC yang sempurna.

Selamat memilih tipe komputer yang paling tepat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "CARA MEMILIH KOMPUTER YANG BAIK"