persiapan untuk melakukan install ulang komputer

PERSIAPAN UNTUK MELAKUKAN INSTALL ULANG KOMPUTER


install ulang merupakan langkah terakhir/jalan satu satunya pada saat kerusakan system oprasi telah berada pada kondisi yang sangat parah dan driver-driver dari komputer tersebut sudah banyak yang rusak dan hilang.
kebanyakan mausian sekarang melakukan  install ulang komputer dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan sistem oprasi yang baru terbaru, agar tidak ketinggalan zaman. tapi anda perlu mewapadai pada Saat ingin melakukan install ulang pun kita membutuhkan persiapan-persiapanyang matang,  agar saat kita melakukan install ulang operasi system komputer tidak terjadi sesuatu hal yang berakibat sangat fatal dan merugikan. contoh simplenya data-data kerja anda hilang karena terhapus pada proses install ulang.

Oke tanpa basa-basi langsung saja, saya akan menberitahukan kepada teman-teman apa saja sih yang perlu di persiapan untuk melakukan install ulang komputer agar tidak terjadi file korup pada os yang akan kita gunakan.



1. BACK UP DATA :C

Back up data adalah langkah pertama anda saat anda ingin melakukan install ulang komputer tersebut, agar pada saat kita melakukan install ulang komputer data-data penting di komputer kita tidak hilang karena kecerobohan manusia saat install ulang komputer, lakukanlah backup data-data penting anda yang ada di Local Disk C, jika anda masih binggung simpanlah data anda yang ada di dokument di bawah ini:

Downloads (file-file download anda dari browser semua ada di sini)
Documents (tempat tersimpanya data-data dari microsoft word,exel, dll)
Music (tempat music anda berada sebelumnya)
Picture (tempat foto-foto anda berada)
Videos (tempat video tersimpan )
Pindahkan semua data yang ada pada tempat penyimpanan tersebut, pindahkan ke Local Disk D atau ke FLASHDISK agar lebih aman. untuk menghindari terhapusnya data anda saat proses install ulang.


2. BACK UP DATA : D

Anda juga perlu memindahkan data-data penting anda yang ada pada data D, anda bisa memindahkannya ke media penyimpanan flasdisk, karena jika orang yang belum paham tentang cara melakukan instalasi system oprasai dengan benar kemungkinan juga dia akan memformat semua data-data anda di local disk c maupun local disk d.
Jika kita tidak memiliki waktu atau media untuk melakukan backup seluruh data di harddisk, maka lakukan terlebih dahulu backup data yang ada pada local disk c saja karena instalasi Windows dilakukan di drive tersebut. atau beberapa folder lainnya terdapat data-data penting yang butuh untuk diselamatkan. sebelum istall ulang komputer

3. PERSIAPKAN MEDIA INSTALASI

Persiapkan media instalasi seperti FLASHDISK dan CD/DVD,  jika anda menggunakan flashdisk minimal flashdisk anda 4gb, dan agar lebih cepat kerjanya anda bisa menggunakan flasdisk 8gb saat membuat bootable os flashdisk. jika anda menggunakan cd/dvd  gunakanlah CD yang masih bersih atau tidak ada goresan-goresannya, karena hal-hal tersebut juag dapat membuat gagal saat install ulang komputer anda.

4. OS/MASTER OPRASI

Carilah dan gunakan master atau system oprasi yang ingin anda gunakan atau yang anda terapkan di komputer anda, saya sarankan cari system oprasi di website resminya, contoh: jika kita ingin mengistall windows 7 pada komputer kita ya kita harus cari master os nya di website resmi windows agar saat install ulang tidak ada file korup di dalam masterya osnya.

Jadi itulah persiapan-persiapan kita untuk melakukan install ulang komputer agar saat proses install ulang terjadi tidak ada data penting anda yang hilang.
saran dari saya sebelum anda melakukan install ulang komputer anda berdo'a terlebih dahulu agar tidak terjadi hal-hal tidak di inginkan.

Trimakasih.


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "persiapan untuk melakukan install ulang komputer"