Tugas Kuliah Review Perusahaan Manajemen Pemasaran

Nama : Arya Rama Lingga Ramdan 
Npm : 19210009
Prodi : Manajemen 
Matkul : Manajemen Pemasaran (Semester 3)

 Tugas : Review Blue Bird Group di masa lampau sampai kondisi saat ini terkait denga Produk Jasa transportasi yang di kelola oleh mereka. 

Jawaban : Blue brid adalah usahan dibidang jasa yang melayani konsumennya jika ingin berpergian menggunakan transportasi khususnya darat. Mungkin Blue brid terinspirasi dari transportasi negara barat seperti New York terkenal dengan yellow taxi dan London dengan black cab, maka Jakarta dengan Blue Bird, itu katanya dalam profil blue brid. Saat ini blue brid menyediakan juga regular taxis, executive taxi, car rental , charter bus, Logistic , dll. Blue brid tersedia dijakarta dan sekitarnya (di jantung pusat bisnis dan tujuan wisata)

 Nama:Anissa

NPM:19220007

Ekonomi Manajemen


Review Blue Bird Group di masa lampau sampai kondisi saat ini terkait dg Produk Jasa transportasi yg di kelola oleh mereka.


Seperti yang kita ketahui perusahaan blue bird group merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang transportasi dan bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1972. Perusahaan dikenal mengelola 4 jenis transportasi darat, yaitu taksi Blue Bird, bus Big Bird, taksi eksekutif Silver Bird dan penyewaan mobil Golden Bird.

Mereka berkomitmen untuk terus menjaga kualitas pelayanan dalam setiap bisnis yang mereka jalani. Misalnya, strategi penempatan armada serta kemudahan mendapatkannya, telah membuat salah satu anak perusahan blue bird, PT Blue Bird Tbk meraih predikat sebagai mitra transportasi yang handal dan terpercaya.


Kini layanan Blue Bird Group dapat dinikmati termasuk Jakarta dan sekitarnya, Surabaya, Bandung, Bali, Lombok, Semarang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bangka Belitung, Batam, Banten, Manado, Makasar, Yogyakarta.  Pada tahun 2014  salah satu anak perusahaan yang blue bird grup resmi go publik di bursa efek Indonesia

Seiring perubahan zaman dan hadirnya kecanggihan teknologi komunikasi online , transportasi juga beralih minat dengan sistem daring dan PT blue bird group sendiri meluncurkan fitur My-Bluebird pada tahun 2016 dimana menggantikan aplikasi sebelumnya yang sudah ada di tahun 2011(Taxi Mobile), Namun fitur tersebut belum bisa mengakses luas dikalangan masyarakat hanya beberapa kota saja yang bisa mengakses fitur tersebut. 

Karena aksesnya yang terbatas maka PT blue bird mencoba keberuntungan dengan berkolaborasi dengan taksi online Pada tahun 2017 perusahaan blue bird menggandeng PT Go-Jek dan meluncurkan fitur baru yaitu Go-Bluebird hingga saat ini. Namun pada tahun 2019 sempat mengalami penurunan saham drastis akibat pandemi Covid-19 dan hampir kehilangan 70% armadanya namun tidak tinggal diam PT blue bird Di tengah pandemi tetap beroperasi dengan terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan pencegahan virus Corona (COVID-19). Salah satunya ialah meningkatkan pembayaran non tunai di setiap armadanya. Yang hingga sampai hari ini PT blue bird masih tetap eksis dikalangan masyarakat menengah atas

Nama : Dian Febrianti

Npm : 19220013

Prodi Manajemen


Tugas :


Review Blue Bird Group di masa lampau sampai kondisi saat ini terkait dg Produk Jasa transportasi yg di kelola oleh mereka 


Jawab : 

Blue Bird merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang transportasi dan bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1972. Perusahaan dikenal mengelola 4 jenis transportasi darat, yaitu taksi Blue Bird, bus Big Bird, taksi eksekutif Silver Bird dan penyewaan mobil Golden Bird. Pada bulan Maret 2016 Bluebird mengalami kehancuran karena mengikuti aksi demo anarkis para supirnya, Anarkisme yang dipertontonkan oleh para pedemo kontan memicu reaksi kesal, marah, dan muak warga Jakarta. Perusahaan taksi Bluebird menjadi  sasaran utama kemarahan warga, khususnya para netizen. Citra positif Bluebird selama ini sebagai taksi yang paling profesional, tiba-tiba runtuh dalam sekejap. demo tersebut terjadi akibat persaingan dengan taksi online dan ojek online. untuk mengembalikan kejayaannya Bluebird menempuh strategi seperti : 

1. Aplikasi Mobile Blue Bird

2. Memberikan Tarif Promo

3. Kolaborasi dengan Go-Jek

4. Jakarta Airport Connecxion

5. Kerja sama dengan Traveloka

6. Co Branding

7. Kerjasama untuk soft loan karyawan.

8. Insentif Supir Blue Bird

9. Siasat terbaru Blue Bird di tahun 2020 meluncurkan armada E-taksi (taksi Listrik).

Pada tahun 2017, Bluebird menjalin kerja sama dengan Gojek dalam bentuk pemesanan melalui aplikasi Gojek. Serta mendapatkan Pendapatan sebesar

Rp 4,2 triliun (2018), Rp 4 triliun (2019) Dan Laba bersih

Rp 457 miliar (2018), Rp 314 miliar (2019). pada tahun 2020 Gojek melakukan pembelian terhadap 4,3% saham Blue Bird (senilai Rp 411 miliar) yang dilepas oleh Pusaka Citra Djokosoetono, perusahaan yang dimiliki keluarga Djokosoetono.

Nama : Addela Mariska Putru

Npm : 19220003 

Management


Tugas : Review Blue Bird Group di masa lampau sampai kondisi saat ini terkait dg Produk Jasa transportasi yg di kelola oleh mereka 


Blue Bird merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang transportasi serta  Perusahaan Taksi pertama yang menggunakan taximeter di Indonesia dan dikenal mengelola 4 jenis transportasi darat, yaitu taksi Blue Bird, bus Big Bird, taksi eksekutif Silver Bird dan penyewaan mobil Golden Bird, Puluhan tahun Blue Bird beroperasi, kendaraan ini masih menjadi pilihan bagi masyarakat. Dalam perusahaan sistem pengawasan blue bird ini perusahaan mengaudit kinerja jasanya sendiri ataupun pesaingnya secara teratur. Mereka melakukan pengawasan dengan sistem fomulis saran keluh kesah tim audit jasa. Cara menyelidik tentang pelanggan mereka menerapkan atau melakukan VOC Atau Voice Of Costumet, supaya memuaskan karyawan dan pelanggan sekaligus sikap dari karyawannya yang postif alan mendorong kesetiaan pelanggan yang kuat. Namun Blue Bird ini sendiri sedang mengalami suatu persaingan dalam bidang transportasi dikarenakan banyak ny perusahaan yang mulai muncul seperti ojol grab/gocar yg dimana dari sisi pembayaran lebih murah dibandingkan blue bird gruoup ini, dan blue bird terkenal dijakarta namun perusahaan lain setiap propinsi sudah ada, maka dari itu tanpa adanya pengolaan manajemen atau ketinggalan  cara mereka promosi akan tenggelam dengan sendirinya. Taksi blue bird juga sudah bisa digunakan dengan menggunakan aplikasi gojek dengan menu go-blue bird, jadi pelanggan yang memesan menggunakan layanana go car dan mendapatkan taksi blue bird ia tarifnya akan sama dengan menu go-car.

Nama : Amalia Vika Launi

Npm : 19220001

Prodi : manajemen

Tugas :


Review Blue Bird Group di masa lampau sampai kondisi saat ini terkait dg Produk Jasa transportasi yg di kelola oleh mereka


Jawab :

Perusahaan Blue Bird Group ini dikenal mengelola 4 jenis transportasi darat, yaitu taksi Blue Bird, bus Big Bird, taksi eksekutif Silver Bird dan penyewaan mobil Golden Bird. Awak mula nya perjalanan perusahaan dimulai dari tahun 1972, Persaingan sektor transportasi di Indonesia semakin ketat. Terlebih dengan adanya transportasi online yang belakangan ini semakin berkembang Tetapi pada tahun 01 Februari 2017 Blue Bird sudah bergabung dengan Gojek hingga saat ini sudab di perpanjang oleh PT. blue Bird Tbk 

Pada saat masa pandemi mulai kondisi tersebut membuat Blue Bird Group memutar otak untuk bertahan dengan bagaimana cara nya agar Blue Bird tersebut tidak hilang, meski persaingan semakin ketat ‎Blue Bird tetap ‎ingin menjadi pemain besar, strategi yang dilakukan dengan melakukan inovasi, serta memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatan pelayanan ke pelanggan Selain itu, perusahaan tersebut juga bekerjasama dengan perusahaan jasa transportasi online untuk menyediakan kendaraannya.‎ Dia pun yakin, cara tersebut akan membuat Blue Bird bertahan. Kini layanan Blue Bird Group belum bisa kita nikmati Di Bandar Lampung karna ia baru mengeluakan blu bird di kota Jakarta dan sekitarnya, Surabaya, Bandung, Bali, Lombok, Semarang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Bangka Belitung, Batam, Banten, Manado, Makasar, Yogyakarta. 


Sekian review saya tentang Blue Bird , Terimakasih. 


Wassalamualaaikun wr wb

Nama : Nanda Alfiana 

Npm : 19210015

Prodi : Akuntansi 

Tugas : Review Blue Bird Group di masa lampau sampai kondisi saat ini terkait dg Produk Jasa transportasi yg di kelola oleh mereka.


Blue Bird merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang transportasi dan bermarkas di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1972 dan mengelola 4 jenis transportasi darat, yaitu taksi Blue Bird, bus Big Bird, taksi eksekutif Silver Bird dan penyewaan mobil Golden Bird. Dari tahun ke tahun taksi Blue Bird berkembang pesat di beberapa kota besar. Pada tahun 1970an armadanya sejumlah 200 taksi dan pada 1978 sudah mencapai 500 taksi. Pada 1985 jumlah armada 2000 taksi. Sebelum ada taksi online Blue Bird merajai pasar taksi di beberapa kota. Pada Maret 2016 citra Blue Bird pun remuk dan Blue Bird pun akhirnya ikut-ikutan seperti taksi online dengan aplikasinya. Tetapi My Blue Bird memberikan tarif lebih mahal. Untuk jarak sekitar 24 km My Blue Bird memberikan perkiraan harga Rp126.000 hingga Rp145.000, sedangkan GrabTaxi antara Rp91.000 sampai Rp136.500. Pada tahun 2017 perusahaan menjalin kerja sama dengan Gojek dalam bentuk pemesanan melalui aplikasi Gojek, dimana sebelumnya sejak 2011 Blue Bird sudah meluncurkan aplikasi pemesanan taksi sendiri dan melakukan perubahan aplikasi pada tahun 2016. Di tahun 2018 namanya tak muncul lagi dan kekayaannya sempat bermasalah karena turunnya harga saham Blue Bird. Gojek melakukan pembelian terhadap 4,3% saham Blue Bird,  Kemudian perusahaan blue bird melanjutkan kerjasama yang telah dilakukan pada tahun 2020.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Kuliah Review Perusahaan Manajemen Pemasaran "

Posting Komentar