Setting Access Point TP-LINK (LAN)

Cara setting access point  TP-LINK menggunakan jaringan LAN











                                    Alat dan bahan:


1.     Access point
2.      computer/leptop
3.      Kabel straight (kabel UTP)


  
1)      Setelah siap alat dan bahannya , siapkan access point dan hubungkan dengan arus listrik menggunakan adaptor yang tersedia,  tekan tombol power pada access point hingga lampu indikatornya menyala.

2)      Hubungkan access point dengan computer  menggunakan kabel UTP, dengan cara tancapkan ujung kabel UTP (konektor RJ-45) ke ethernet  1 yang ada pada access point, dan tancapkan juga pada computer. Tunggu hingga lampu indikator LAN menyala pada access point.

3)      Jika semua terhubung dengan baik, buka browser anda (google chrome,dll) dan ketik alamat IP access point, biasanya alamat IP terdapat di belakang access point. Contoh : 192.168.0.254 setelah itu anda akan dibawa ke halam access point dan anda akan di minta login menggunakan user dan password isikan saja dengan usernya admin dan passwordnya admin.

4)      Jika terjadi masalah computer tidak bisa terhubung ke access point/computer tidak mau masuk ke halaman access point. anda perlu memastikan kabel tertancap dengan baik atau tidak, atau bisa jadi kabel UTP anda rusak kemudian coba masuk kehalaman access point.

5)      Jika anda yakin kabel anda tidak rusak dan kabel sudah tertancap dengan baik tapi computer masih tidak bisa terhubung dengan access point, cara  selanjutnya anda perlu men-setting (Local Area Networknya) dengan cara control panel – network and internet – network and sharing center  - change adapter setting, kemudian klik kanan pada local area network ke mudian pilih enable. Tunggu hingga icon wi-fi  berubah menjadi icon computer kemudian coba masuk kehalaman access point .

6)      Jika computer masih tidak mau masuk ke halaman access point cara terakhir  anda perlu mereset access point tersebut , dengan cara lepas kabel UTP  yang tertancap kemudian cari lah lubang kecil yang berada di atas access point kemudian tekan lubang tersebut menggunakan jarum/pulpen, tunggu hingga lampu indikatornya mati semua dan hidup kembali sekitar 15- 30 detik kemudian coba masuk kehalaman access point.

7)      Jika anda berhasil masuk/login ke halaman access point dengan alamat IP : 192.168.0.254 dan user,passwordnya admin,admin anda akan di bawa ke halaman utama access point, pilih EXIT jika ada pilihan exit kemudian pilih NEXT.

8)      Selanjutnya anda pilih wireless setting kemudian ganti namanya pada wireless name/SSID isikan “seterah anda” kemudian pilih save di bawah halaman kemudian pilih click here terus pilih restart.

9)      Selanjutnya anda perlu membuat password pada wifi anda, pilih wireless pilih wireless security lanjut anda pilih WPA/WPA2-personal isi kan password anda “seterah” di kolom password, kemudian pilih savedi bawah halaman kemudian pilih click here terus pilih restart.

10)  Cek menggunakan hp/leptop.


Trimakasih J


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setting Access Point TP-LINK (LAN)"

Posting Komentar