5 Tanda Semartphone Kamu Diretas Dan Cara Mengatasinya


Waspada, Ini 5 Tanda Semartphone Kamu Diretas Dan Cara Mengatasinya


Lewat sebuah smartphone, seseorang dapat melakukan berbagai hal mulai dari bertransaksi perbankan, berkirim pesan menggunakan email, update status di media sosial hingga menyimpan berbagai data-data penting sekalipun.

Namun, jika kita berpikir smartphone adalah tempat yang aman untuk menyimpan data-data pribadi, kamu salah  sesungguhnya, setiap smartphone memiliki celah dan keamanan yang bisa dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lalu, bagaimana sih kita bisa tahu kalau smartphone Android kita telah diretas? 
Berikut adalah  5 Tanda Semartphone Kamu Diretas Dan Cara Mengatasinya

1. BATERAI SMARTPHONE BERKURANG DRASTIS SECARA TIBA-TIBA ATAU GAMPANG LOWBET




Setiap smartphone android memiliki kapasitas daya baterai yang berbeda-beda.
Jika kalian biasanya sudah terbiasa menggunakan smartphone yang dipakai saat ini, kamu pasti ingat seberapa lama waktu pemakaian normal hingga baterainya benar-benar habis.

Namun jika tiba-tiba daya baterai kamu berkurang drastis padahal pemakaian biasa-biasa saja, kalian patut mewaspadainya. Hal ini bisa terjadi karena ada aplikasi tak dikenal yang berjalan secara background. Biasanya aplikasinya gak Nampak atau tidak tampil di layar semartphone kalian.Aplikasi itu biasanya bisa saja sejenis malware yang bisa mencuri data-data dari smartphone kamu.

Untuk Solusinya adalah jangan sembarangan meng-install aplikasi dari sumber yang tak dikenal, contoh aplikasi yang tidak resmi, misalnya anda download sebuah lagu tapi kok yang ke download adalah aplikasi..? jangan sekali-kali anda meng-istallnya karena bisa jadi itu adalah virus yang sengaja di buat,
Lebih baik anda mendownloadnya di google play store mungkin lebih aman.

Seperti poin di atas, tanda lainnya adalah jika ada aplikasi yang berjalan secara background atau tidak terlihat suhu smartphone kalian akan secara  tiba-tiba semakin panas.

Jika ya, tidak ada salahnya jika kalian mengecek aplikasi apa saja yang sedang berjalan di semartphone melalui pengaturan. Bagi pengguna Android, kalian bisa masuk ke menu Settings > Developer options > Running services.

Apabila anda menemukan aplikasi yang tidak dikenal atau anda tidak tau itu aplikasi apa..?  segera lah hapus dan jangan pernah lagi meng-install aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

2. WIFI TERKADANG AKTIF DENGAN SENDIRINYA.



Saat berada di tempat umum, dan WiFi semartphone anda tiba-tiba aktif sendiri, anda patut waspada akan hal ini, Hal tersebut bisa jadi seseorang ingin meyadap semartphone anda.

Lewat koneksi WiFi di tempat umum, denga itu para peretas bisa dengan mudah menginfeksi dan melakukan transfer data atau malware ke target yang mereka inginkan.

3. SEMARTPHONE MUDAH PANAS

sebuah aplikasi yang berjalan secara tidak normal akan membuat system smartphone anda akan mudah panas karena aplikasi tersebut memakan ram terlalu banyak,
atau aplikasi yang sengaja di buat leh oknum tidak bertanggung jawab yang bertujuan untuk merusak system dari semartphone seseorang.
untuk solusinya anda hapus apliaksi yang tidak penting bagi anda dan gunakanlah aplikasi yang berguna untuk keseharian anda, dan ingat jangan sekali kali mendownload aplikasi sembarangan.

karena oknum tersebut membagikan aplikasi tersebut lewat situs download yang tidak resmi.

4. KUOTA INTERNET BOROS.

Selain daya baterai semartphone yang secara tiba-tiba berkurang drastis, dan kuota internet yang mendadak jadi boros adalah salah satu tanda ada sebuah aplikasi yang tidak di kenal sedang mengirim data ke seseorang tanpa sepengetahuan anda.

Jika kamu biasanya menggunakan paket data, kamu pastinya ingat berapa lama biasanya kuota anda habis dan harus membelinya lagi. Namun jika tiba-tiba menjadi boros, kamu patut waspada dan segera mengecek ada aplikasi apa saja yang ter-install di smartphone anda, Dan anda harus ingat  juga penggunaan kuota anda boros atau tidak.

5. ADA SUARA ORANG LAIN SAAT MELAKUKAN PANGGILAN.

Salah satu tanda lainya smartphone kamu sedang disadap adalah munculnya suara bising dan aneh selama anda melakukan panggilang ke pada teman anda.
Kalau itu terjadi, kamu patut waspada, apalagi jika teman anda merasa suara panggilan anda normal-normal saja. untuk mengetahui dan menghilangkan penyadap dari smartphone anda bisa menggunakan cara di bawah ini.!!


CARA MENGETAHUI PANGGILAN TELEPHONE SMARTPHONE KAMU SEDANG DISADAP ATAU TIDAK



Untuk mengetahui dan menghentikan penyadapan di semartphone anda, sebenarnya bisa dilakukan menggunakan kode rahasia pada smartphone. Bahkan tidak diperlukan izin khusus untuk melakukannya, dan bisa dilakukan dengan sangat SIMPLE. Berikut penjelasan dari kode rahasia tersebut.


KODE UNTUK MEMERIKSA ADANYA PENYADAPAN: [*#21#]

Untuk mengetahui adanya penyadapan atau tidak pada perangkat selular anda bisa gunakan kode *#21# pada panggilan telepon. Setelah kode MMI berjalan maka akan muncul rincian, apakah ada panggilan atau SMS yang dialihkan atau tidak.


Bila anda merasa tidak mengaktifkan pengalihan panggilan, sementara rincian tadi menyebutkan adanya pengalihan, maka kamu patut waspada ada seseorang yang menyadap semartphone anda. Tapi bila rincian yang muncul seperti gambar diatas, tidak terdapat pengalihan penggilan serta SMS, berarti semartphone anda aman dari penyadapan.Apabila ada seseorang yang menyadap panggilan semartphone anda, anda bisa menggunakan cara bibawah ini untuk menghentikanya.

KODE UNTUK MENGHENTIKAN PENYADAPAN PADA SEMARTPHONE ANDA [ ##002#]

Setelah mengetahui adanya panggilan yang dialihkan, sementaraanda tidak pernah mengaktifkan fitur itu, langkah terakhir anda harus menghentikan pengalihan tersebut. Kamu bisa periksa terlebih dahulu pada pengaturan panggilan, atau langsung menggunakan kode ##002# pada panggilan telepon.



Kode MMI tersebut nantinya akan berjalan dan menampilkan pesan, yang berisi bahwa semua pengalihan panggilan telah dihapus. Untuk memastikan tidak terjadi penyadapan lagi pada hp milikmu di kemudian hari, kamu bisa menggunakan lagi kode rahasia smartphone tersebut, untuk mengecek apakah ada penyadap lagi atau tidak.

sekian itu saja yang bisa saya sampaikan ke pada teman-teman apabila ada salah kata saya mohon maaf trimakasih sudah mampir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tanda Semartphone Kamu Diretas Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar