Ilmu Marketing Produk Untuk Pemula , dalam dunia bisnis tentunya sangat dibutuhkan sebuah strategi dalam proses produksi sampai proses pemasaran, agar usaha yang dijalani dapat berkembang seperti yang di inginkan. Selain itu teknik pemasaran bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan dari penjualan produk. Teknik pemasaran yang baik didukung oleh strategi pemasaran yang efektif. Dengan strategi tersebut, proses marketing dapat dipertahankan, bahkan cara baru dalam memasarkan produk juga bisa kita temukan dan membuat pelanggan semakin loyal. Berikut beberapa tips untuk memasarkan barang dengan lebih mudah:
1. Kenali pembeli Anda
Identifikasi target market Anda akan membantu Anda dalam menyusun strategi marketing yang efektif. Anda bisa mengelompokkan target market menjadi beberapa kategori, misal kelompok usia 15—30 tahun, jika Anda ingin memasarkan produk sepeda sport. Atau Anda dapat membidik wanita dengan kelompok usia 20—35 tahun, jika ingin memasarkan produk sepatu wedges. Jadi, dengan mengetahui siapa target market Anda, Anda akan terhindar dari terbuangnya waktu dan biaya yang sia-sia.
2. Lakukanlah promosi
Lakukan upaya promosi atau memperkenalkan produk bisnis Anda kepada konsumen. Usahakan agar promosi yang Anda lakukan tersebut konsisten, terus-menerus, dan dengan cara-cara kreatif sehingga para pelanggan tidak merasa bosan. Misalnya, mengirim pesan singkat kepada para customer jika sedang ada promo produk – produk Anda. Selain itu, lihatlah pula bagaimana upaya promosi yang dilakukan kompetitor Anda. Jika penawaran Anda lebih unik dan menarik, lanjutkan upaya promosi tersebut. Jangan lupakan pula kehebatan word-of-mouth publicity. Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini memang ajaib karena dapat menyebar dan menjaring pelanggan hingga berlipat-lipat. Oleh karena itu, siapkan diri Anda untuk membuat pelanggan lebih nyaman berbisnis dengan Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk Anda akan menjadi pelanggan loyal yang dapat menarik pelanggan baru.
3. pilih lokasi yang strategis
Faktor penting dalam strategi pemasaran lainnya adalah masalah pemilihan tempat. Anda perhatikan outlet atau toko roti Holland Bakery selalu berada di jalan yang sibuk di mana traffic lalu lalang orang sangat tinggi. Itu merupakan strategi mereka dalam membidik pelanggan potensial. Maka, usahakan untuk memilih lokasi yang tepat, strategis, agar kesempatan bisnis Anda untuk dapat diakses oleh pelanggan lebih terbuka.
4. Jalin hubungan dengan pelanggan
Memelihara pelanggan lama lebih mudah dibandingkan mendapatkan pelanggan baru. Karena biaya yang dibutuhkan untuk menarik pelanggan baru sekitar 6 kali lipat daripada memelihara pelanggan lama. Maka, buatlah database pelanggan, masukkan data-data penting beserta kemajuan yang telah dicapai, hubungi mereka secara berkala, dan informasikan pelanggan mengenai promo produk yang sedang berjalan, dan lain-lain.
5. Coba gunakan internet marketing
Internet marketing bisa jadi salah satu strategi marketing yang sangat efektif. Anda dapat mengetahui selera pelanggan dan kebutuhan pelanggan Anda dengan menempatkan bisnis Anda di situs jejaring sosial. Saat ini, jual beli online semakin marak dengan jumlah transaksi yang meningkat setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kecenderungan bagaimana pelanggan ingin berbelanja di luar jam buka toko, menghindari keramaian, dan lebih privasi. Ruang inovasi juga terbuka lebar di internet.
6. The Power of Focus
Kekuatan fokus terbukti dapat mengantarkan Apple menuju kesuksesan. Apple focus pada produknya dan sanggup menghasilkan miliaran dolar hingga kini. Kesuksesan Apple tersebut karena mereka fokus dengan sumber daya mereka dan produk yang lebih sedikit tapi inovatif. Fokus tidak berarti Anda menjual lebih sedikit. Sebaliknya, Anda dapat meningkatkan produksi Anda di wilayah tertentu.
7. Pelayanan Yang Fast Response
Biasanya istilah fast respawn ini banyak digunakan oleh penjual online, untuk meyakinkan pembeli bahwa pelayanan mereka cepat tanggap. Tapi istilah ini berlaku juga untuk anda yang menekuni bisnis real di luar #bisnis online. Di dalam pemasaran, layanan yang cepat tanggap adalah salah satu faktor penting bagi penjualan. Tanggapi setiap komplain dengan cepat dan baik, dengan begitu costumer merasa di hargai dan di perhatikan. Brand mudah rusak bila mengabaikan kepercayaan dari costumer, hal ini juga sangat penting untuk pemasaran.
8. Memiliki Strategi Harga
Jangan hanya menetapkan harga dari biaya produksi atau selisih dari margin, tetapkan harga sebaik mungkin, karna harga salah satu nilai yang kuat yang akan menentukan penjualan Anda kedepannya. Anda bisa lakukan riset kecil-kecilan untuk menentukan strategi harga Anda, mulai dari mencari tahu harga pesaing hingga harga pasaran tertinggi, hal ini berguna untuk menetapkan harga, semakin harga produk Anda tinggi maka sama artinya dengan mengurangi penjualan, jika harga Anda terlalu murah produk anda akan mendominasi penjualan. Silahkan tentukan sendiri strategi harga yang baik bagi pemasaran.
9. Rencanakan Produk dan Layanan Anda
Dalam menjalankan sebuah teknik marketing, perlu dipersiapkan yang namanya rencana produk dan rencana layanan, hal ini di rangkum dengan istilah bussiness plan atau rencana bisnis. Dengan merencanakan produk dan layanan, maka Anda akan mudah mentargetkan pelanggan. Contohnya buatlah kemasan atau packaging untuk promosi yang sesuai dengan image anak muda bila produk yang Anda jual ditargetkan untuk kalangan remaja. Sesuaikan produk dan target Anda, pastikan keduanya relevan, agar Anda mudah untuk memasarkan produk.
10. Diskon dan Kupon
Memberikan diskon pada konsumen tentu sangat menyenangkan. Tetapi bagaimana jika syaratnya terlalu berat? Sebagai pengusaha yang ingin banyak memberikan kesan positif tanpa menimbulkan kerugian, atur bagaimana sebuah diskon dan kupon benar-benar bisa digunakan dan bukan hanya sekedar iklan yang sulit mendapatkannya.
0 Response to "Ilmu Marketing Produk Untuk Pemula"
Posting Komentar