MAKALAH
PENGANTAR
ILMU BISNIS
“PENGELOLAAN PEMASARAN DALAM KEGIATAN BISNIS”
Dosen Pengampu :
Bambang Purwanto SE.MM.
Disusun Oleh :
Arya Rama Lingga Ramadan
NPM :
19220009
JURUSAN MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
MALAHAYATI
TAHUN
AJARAN 2019/2020 GENAP
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, taufik,
hidayah dan inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah
yang berjudul “pengelolaan pemasaran dalam kegiatan bisnis” dengan hadirnya
makalah ini dapat memberikan informasi bagi para pembaca.
Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada
junjungan Nabi agung Muhammad SAW, serta keluarga, sahabat dan pengikutnya. Penyusun menyadari tanpa bantuan dari semua pihak, penulisan
makalah ini mungkin tidak dapat terlaksana. Oleh karena itu, penyusun
mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Bapak Bambang Purwanto SE.MM. selaku dosen pengampu yang
telah memberikan pengarahan dan koreksi sehingga makalah ini dapat diselesaikan
sesuai waktu yang telah ditentukan.
2.
Teman-teman semuanya yang telah memberikan motivasinya serta semua
pihak yang telah membantu terselesainya penyusun makalah ini.
Penulis juga menyadari
bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya
pengetahuan dan kurangnya referensi yang adasehingga penulis berharap para
pembaca yang budiman dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada
penulis demi penyempurnaan makalah ini danpenulisan makalah di
kesempatan-kesempatan berikutnya.
Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya dan
parapembaca pada umumnya. Semoga materi yang disampaikan dalam makalah inidapat
menjadi sumbangan pemikiran dan tambahan pengetahuan bagi kita semua.
Bandar lampung, 14 Mei 2020
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman judul................................................................................................... i
Kata pengantar ................................................................................................ ii
Daftar isi............................................................................................................ iii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................ 1
A.
Latar Belakang Makalah......................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah................................................................................... 2
C.
Tujuan..................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................. 3
A.
Landasan Teori........................................................................................ 3
B.
Analisis Lingkungan Pemasaran............................................................. 4
C.
Langkah Pengelolaan Pemasaran............................................................ 4
D.
Masalah-Masalah Dalam
Pengelolaan Pemasaran................................... 6
1.
Kendala Internal.......................................................... 6
2.
kendali eksternal.......................................................... 7
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN DAN SARAN.................................... 9
A.
Kesimpulan ............................................................................................ 9
B.
Saran....................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pemasaran adalah
salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu
perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, dimana secara
langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar. Dalam era persaingan usaha yang
semakin kompetitif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan
kompetisi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi
pemasaran yang dijalankannya . Produk – produk yang dipasarkan dibuat melalui
suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu
meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut.
Dengan demikian
pelanggan mau dan rela untuk kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh
perusahaan dan menjadi pelanggan yang setia bagi perusahaan. Sedangkan untuk
dapat mendistribusikan kualitas dibidang jasa merupakan hal yang tidak mudah.
Oleh karena itu, dalam proses pendistribusian barang kepada konsumen harus ada
perhatian penuh dari manajemen pemasaran paling atas hingga karyawan level
bawah.
Salah satu masalah pokok yang
menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu
sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut
merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan
jika ingin tetap eksis didalam persaingan bisnis. Persaingan yang semakin tajam
dan perubahan-perubahan yang terus terjadi harus dapat dijadikan pelajaran oleh
manajemen pemasaran agar dapat secara proaktif mengantisipasi perubahan-perubahan
yang terjadi baik untuk masa sekarang dan akan datang.
B.
BEBERAPA RUMUSAN MASALAH SEBAGAI BERIKUT :
1.
Apa definisi dari pemasaran itu
sendiri?
2.
Bagaimana Analisis Lingkungan
Pemasarannya?
3.
Apa saja Langkah-langkah
Pengelolaan Pemasaran?
4.
Apa saja Masalah-masalah dalam
Pengelolaan Pemasaran
C.
TUJUAN
Beberapa rumusan masalah yang
didapat terdapat beberapa tujuan yang dicapai yaitu bagi :
1.
Diri sendiri: Tujuan bagi diri
sendiri adalah untuk dijadikan sebagai acuan atau pembelajaran dalam memahami
pemasaran
2. Pembaca: Pembaca diharapkan dapat memberikan kritik dan saran yang membangun setelah membaca makalah ini.
BAB II
PEMBAHASAN
A. LANDASAN TEORI
Philip Kotler (1980)
Menurut Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah proses analisis, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan. Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan
oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk
mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya, untuk mendapatkan laba dan untuk berkembang. Hal tersebut disebabkan
karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, dimana secara
langsung berhubungan dengan konsumen. Maka kegiatan pemasaran dapat diartikan
sebagai kegiatan manusia yang berlangsung dalam kaitannya dengan pasar.
Selain itu ada pula tiga pendapat tentang pemasaran (marketing) yaitu:
1. Pemasaran adalah
suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang diajukan untuk
merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan
jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial. (William j.Stanton, 1978 )
2. Pemasaran adalah
pelaksanaan kegiatan dunia usaha yang mengakibatkan aliran barang dan jasa dari
para produsen ke para konsumen. ( The
Amirican Marketing Association )
3. Pemasaran adalah
suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan
kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar
sesuatu yang bernilai satu sama lain. ( Philip Kotler, 1995 )
Berdasarkan beberapa
pengertian tersebut berarti pemasaran terdiri dari tindakan-tindakan yang
menyebabkan berpindahnya hak milik atas barang serta jasa dan yang menimbulkan
distribusi fisik mereka. Proses pemasaran meliputi aspek fisik dan non fisik.
B.
ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN
Kebutuhan dan
keinginan para konsumen terus berubah. Jika ingin berhasil maka para pemasar
perlu bersungguh-sungguh berupaya untuk menentukan kebutuhan konsumen mereka
sekarang dengan cara menganalisis lingkungan pemasaran. Dengan menganalisis
lingkungan pemasaran kita dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan serta peluang
dan ancaman apa saja yang ada pada pemasaran, dengan demikan dapat dengan mudah
untuk menentukan strategi apa yang akan digunakan.
Analisis lingkungan pemasaran
terdiri dari analisis lingkungan mikro dan lingkungan makro. lingkungan mikro
terdiri dari para pelaku dalam lingkungan yang langsung berkaitan dengan
perusahaan yang mempengaruhi kemampuannya untuk melayani pasar, sedangkan
lingkungan makro terdiri dari kekuatan-kekuatan yang bersifat kemasyarakatan
yang lebih besar dan yang mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro
perusahaan.
C.
LANGKAH PENGELOLAAN PEMASARAN
Membangun keikutsertaan
pelanggan dapat menjadi hal penting dalam strategi marketing. Jika pelanggan
merasa terlibat dalam merek Anda, maka mereka cenderung akan percaya dan loyal.
Namun sangat banyak hal untuk membangun strategi marketing yang tepat, dan
lebih unggul dari yang dilakukan pesaing. Setiap hari ada ide-ide baru dari
para pemasar dalam mempromosikan produk mereka. Jika strategi promosi dan
marketing ini benar, maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke
pelanggan dengan baik, yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli dan setia
pada produk mereka. Berikut adalah delapan langkah untuk membuat strategi
marketing dan promosi yang luar biasa:
3.
Fokus pada solusi
Inilah apa yang benar-benar
dicari pelanggan. Dan ketika ada permintaan, setengah dari pekerjaan pemasaran
Anda berhasil. Produk dan jasa yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat
perhatian pertama dan lebih sering. Berikantarget pasar Anda apa yang mereka
inginkan atau apa yang membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan sesuatu
yang seolah berteriak “Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi cepat”, dan pesan
Anda itu akan mendapatkan perhatian.
4.
Bertujuan pada target pasar
Pemasaran yang tidak mencapai
target akan diklasifikasikan sebagai pemborosan, tidak efisien atau junk
(seperti dalam “junk mail“). Kegiatan marketing yang mencapai target pasarnya
tergolong menarik, efektif dan sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikan
target pasar Anda sesuatu yang menarik bagi mereka. Jika Anda seorang warga
negara yang sudah paruh baya tertarik pada musik klasik, berita singkat tentang
rilis musik terbaru dari band rock-and-roll terbaru tidak akan menarik –
sehingga warga negara tersebut bukanlah bagian dari target pasar Anda.
5.
Gunakan judul dan sub judul
Buatlah judul-judul ini (dan
sub judul) provokatif, pemikiran yang memprovokasi, ekstrim dan benar-benar tak
terduga. Salah satu berita terbaik yang pernah saya lihat – yang saya tahu
mendapat banyak perhatian – adalah “Things the Government Won’t Tell You About
Terrorism.” Satu lagi yang menarik perhatian yang sama adalah “7 Mistakes Banks
Make Every Day.” Keduanya akan mendapatkan perhatian dan membuat orang ingin
membaca lebih lanjut.
6.
Memiliki pesan yang sangat jelas
Grafis memang bisa menarik perhatian, tapi itu bukan
satu-satunya alat untuk mengkomunikasikan pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung
hanya melihat gambar pada iklan itu! Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah
berkata, “Saya tidak menganggap iklan sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni
tetapi sebagai media informasi. Ketika saya menulis sebuah iklan, saya tidak
ingin Anda sekedar memberitahu tahu bahwa saya kreatif. Saya ingin Anda
tertarik hingga Anda membeli produk tersebut.” Anda tidak dapat membuat orang
lain memperhatikan pesan-pesan yang membosankan atau tidak jelas.
E.
MASALAH-MASALAH DALAM PENGELOLAAN PEMASARAN
Di dalam masalah
pemasaran di bagi menjadi dua aspek yaitu aspek internal dan aspek eksternal.
1.
KENDALA INTERNAL
Jika di lihat dari
aspek internal permasalahan pemasaran di dalam berwirausaha yakni sebagai
berikut :
a.
Perencanaan strategi pemasaran tidak matang.
Perencanaan strategi
pemasaran sering tidak diperhatikan oleh para wirausahawan. Mereka melakukan
distribusi pemasaran produk miliknya tidak berdasarkan aspek-aspek pemasaran
tertentu dan tanpa direncanakan terlebih dahulu. strategi pemasaran tidak
dibuat secara matang akan menimbulkan pemasaran tidak diorientasikan kepada
pelanggan dan membuat produk tersebut tidak laku dijual.
b.
Target pasar yang terlalu lebar
Target pasar yang terlalu lebar
pada dasarnya merupakan kesalahan di dalam perencanaan suatu usaha yang tidak
dipertimbangkan terlebih dahulu. para pebisnis biasanya menetapkan tujuan
target pemasaran kepada semua orang, mereka hanya berpikiran hanya ingin
memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya di dalam usahanya itu tanpa
memikirkan faktor-faktor lainnya. jikapun produk dan atau jasa yang ditawarkan
bisa digunakan oleh semua orang, namun perlu kita ketahui tidak semua orang datang
untuk membeli produk kita maka dari hal itu perlu ada spesifikasi pasar khusus
untuk menempatkan produk kita dimana ditempat itu produk kita dibutuhkan oleh
banyak orang.
c.
Target pasar yang salah
Target pasar yang salah
merupakan suatu hal yang sering terjadi di dalam berwirausaha. Seharusnya perlu
perencanaan yang matang sebelum menetapkan target pasar ataupun target
konsumen. para wirausahawan kadang menjual produknya ke sasaran konsumen yang
tidak tepat, hal ini membuat produk yang ditawarkan tidak diminati oleh
konsumen. Misalnya, seorang pengusaha menjual produk lukisan dan target
pasarnya adalah masyarakat di daerah pemukiman yang mereka berpenghasilan
pas-pas-an ataupun pada daerah kumuh. Sudah dapat dipastikan omset penjualan
produk mereka akan sangat rendah.
d.
Sasaran dan tujuan yang kurang tepat.
Setiap usaha baru hendaknya
menetapkan sasaran dan tujuan yang akan menuntun perusahaan melalui pembuatan
keputusan jangka panjang. Tujuan atau sasaran tersebut berisi pernyataan yang
melibatkan manajemen dan program pemasaran pada arah yang terbatas. Sasaran
atau tujuan tersebut mudah mengalami perubahan oleh wiraswastawan dan dianggap
bisa dikendalikan. Akan tetapi, harus dipahami bahwa tujuan dan sasaran adalah
berarti garis pedoman jangka panjang dan perubahan konstan akan menunjukkan
ketidakstabilan dan ketidakamanan bagian manajemen.
2.
KENDALA EKSTERNAL
Sedangkan kendala eksternal pemasaran di dalam
berwirausaha dapat di rinci sebagai berikut :
a.
Tekanan-tekanan persaingan.
Baik di pasar
domestik dari produk-produk serupa buatan UB dan impor, maupun di pasar ekspor.
Saat ini, di Negara-negara Asia yang terkena krisis seperti Indonesia, Filipina
dan korea selatan, masalah pemasaran bisa menjadi masalah serius, karena
sebagai salah satu efek dari krisis tersebut akses ke kredit bank menjadi sulit
(kalau tidak dapat dikatakan tertutup sama sekali).
b.
Kekurangan informasi yang akurat dan up to
date
Mengenai
peluang-peluang pasar di dalam maupun diluar negeri dan peraturan-peraturan
mengenai tata niaga pemasaran regional atau internasional di dalam konteks
AFTA, Masyarakat Eropa (UE) dan WTO / GATT dan aspek-aspek legal lain seperti
kesepakatan-kesepakatan internasional mengenai larangan penggunaan buruh,
anak-anak, lingkungan hidup, dan hak asasi manusia (HAM) yang dikaitkan dengan
perdagangan internasional.
c.
Masalah pada lingkungan kebudayaan.
Evaluasi perubahan
kebudayaan mungkin mempertimbangkan pergeseran pada populasi menurut demografi
(contohnya, dampak ledakan penduduk atau pertumbuhan para manula dalam komposisi
penduduk), perubahan sikap (seperti cintailah produk buatan dalam negeri),
kecenderungan dalam kecelakaan kerja, tuntutan upah minimum, kesehatan, dan
nutrisi. Semuanya mungkin mempunyai implementasi perencanaan. Pada beberapa
kasus, ketersediaan para ahli tertentu mungkin tidak bisa dikendalikan
(misalnya kelangkaan tipe manajer teknis). Wiraswastawan harus membangun tim
manajemen efektif dan memberikan tanggung jawab kepada mereka untuk
mengimplementasikan rencana pemasaran.
d.
Timbulnya rasa persaingan ataupun lingkungan
saing.
Sebagian besar
wiraswastawan umumnya menghadapi ancaman potensial dari perusahaan yang lebih
besar. Wiraswastawan harus bersiap-siap dengan ancaman tersebut dan hendaknya
membuat rencana pemasaran yang menguraikan strategi paling efektif dalam
lingkungan persaingan.
BAB III
A. KESIMPULAN
Dari pembahasan makalah ini
kita dapat mengambil suatu kesimpulan bahwa untuk dapat memenangkan persaingan
dalam pemasaran terlebih dahulu manajemen pemasaran harus mengetahui situasi
apa yang sedang dialami oleh perusahaan sebelum menentukan strategi apa yang
yang cocok digunakan untuk menghadapi situasi tersebut.
B. SARAN
Dalam menghadapi persaingan pemasaran, penentuan strategi pemasaran sangat penting dan hal ini juga harus ditunjang oleh manajer pemasar yang professional dan memiliki kreatifitas yang tinggi. Jadi tempatkanlah manajemen pemasaran anda sebagai bagian penting dalam perusahaan demi mencapai tujuan bisnis yaitu profitabilitas yang tinggi.
DAFTAR PUSTAKA
Internet
dheayull.blogspot.com/2016/11/makalah-pengelolaan-pemasaran.html#
hidhea.blogspot.co.id/2016/11/makalah-pengelolaan-pemasaran.html
blog.sribu.com/2014/07/03/8-langkah-membuat-strategi-marketing-dan-promosi-sukses/
parkjiyoung.wordpress.com/2013/07/02/pemasaran/
hanifahmadi.blogspot.co.id/2014/06/contoh-permasalahan-pemasaran.html
0 Response to "Makalah Manajemen Pemasaran Pengelolaan Pemasaran Dalam Kegiatan Bisnis"
Posting Komentar