Makalah Manajemen Keuangan Mengelola Keuangan Bisnis Dengan baik

MAKALAH

PENGANTAR ILMU BISNIS

PENGELOLAAN KEUANGAN BISNIS”

 

Dosen Pengampu :

Bambang Purwanto SE.MM.

 

Disusun Oleh :

Arya Rama Lingga Ramadan

NPM :

19220009

 

 

JURUSAN MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS MALAHAYATI

TAHUN AJARAN 2019/2020 GENAP

KATA PENGANTAR

        Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat, taufik, hidayah dan inayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Pengelolaan Keuangan Bisnis” dengan hadirnya makalah ini dapat memberikan informasi bagi para pembaca.

Sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi agung Muhammad SAW, serta keluarga, sahabat dan pengikutnya. Penyusun menyadari tanpa bantuan dari semua pihak, penulisan makalah ini mungkin tidak dapat terlaksana. Oleh karena itu, penyusun mengucapkan terima kasih kepada :

1.      Bapak Bambang Purwanto SE.MM. selaku dosen pengampu yang telah memberikan pengarahan dan koreksi sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai waktu yang telah ditentukan.

2.      Teman-teman semuanya yang telah memberikan motivasinya serta semua pihak yang telah membantu terselesainya penyusun makalah ini.

     Penulis juga menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dan kelemahan karena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya referensi yang adasehingga penulis berharap para pembaca yang budiman dapat memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi penyempurnaan makalah ini danpenulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya.

Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya dan parapembaca pada umumnya. Semoga materi yang disampaikan dalam makalah inidapat menjadi sumbangan pemikiran dan tambahan pengetahuan bagi kita semua.

                                                                                              

Bandar lampung, 7 Mei 2020

 

Penyusun

 

DAFTAR ISI

Halaman judul................................................................................................... i

Kata pengantar ................................................................................................ ii

Daftar isi............................................................................................................ iii

BAB I PENDAHULUAN................................................................................ 1

A.    Latar Belakang Makalah......................................................................... 1

B.     Rumusan Masalah................................................................................... 2

C.     Tujuan..................................................................................................... 2

D.    Landasan Teori........................................................................................ 2

BAB II PEMBAHASAN.................................................................................. 4

A.    Pengelolaan Keuangan Untuk Awal Memulai Bisnis............................. 4

B.     Pengelolaan Keuangan Dalam Bisnis...................................................... 5

C.     Fungsi Manajemen Keuangan................................................................. 6

D.    Tugas Pengelolaan keuangan.................................................................. 6

BAB III PENUTUP KESIMPULAN DAN SARAN.................................... 9

A.    Kesimpulan ............................................................................................ 9

B.     Saran....................................................................................................... 9

DAFTAR PUSTAKA...................................................................................... 10

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Manajemen keuangan adalah cara bagaimana mengelola keuangan untuk mendapatkan keuntungan dan menggunakan sumber modal untuk pengembangan usaha.Banyak pengusaha kecil yang berpandangan jika manajemen keuangan dapat berjalan dengan sendirinya, selaras dengan jalannya usaha. Jika usaha berjalan dengan baik, maka keuangan usaha juga akan baik. Tidak bisa dipungkiri jika penjualan dan keuntungan merupakan sumber kas usaha. Tapi bisnis tidak semata-mata bagaimana mendapatkan uang, tapi juga bagaimana mengendalikan dan menggunakannya. 

Aktiva adalah sumber daya ekonomi yang diperoleh dan dikuasai oleh suatu perusahaan sebagai hasil dari transaksi masa lalu, salah satunya adalah aktiva tetap yang digunakan perusahaan dalam kegiatan operasional perusahaan dalam menghasilkan produk. Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 1 (IAI, 2007) tujuan laporan keuangan adalah untuk memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja dan arus kas perusahaan yang bermanfaat bagi sebagian besar pengguna laporan yang berguna untuk membuat keputusan ekonomi dan menunjukkan pertanggung jawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.

 B.     Rumusan Masalah

1.      Apa yang dimaksud dengan Pengelolaan keuangan?

2.      Apa tujuan dari pengelolaan keuangan?

3.      Apa saja prinsip pengelolaan keuangan?

4.      Bagaimana fungsi pengelolaan keuangan?

5.      Bagaimana pengelolaan keuagan bisnis?

C.    Tujuan

1.      Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan pengelolaan keuangan.

2.      Untuk mengetahui tujuan dari pengelolaan keuangan.

3.      Untuk mengetahui prinsip – prinsip pengelolaan keuangan.

4.      Untuk mengetahui fungsi dari pengelolaan keuangan.

5.      Untuk mengetahui mengelola keuangan Bisnis.

 

D.    Landasan Teori

Pengertian Pengelolaan Keuangan Menurut Para Ahli

Menurut kamus besar Indonesia, Pengelolaan artinya penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien. Pengelolaan keuangan adalah sumber daya yang diterima yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan keuangan dimaksudkan sebagai suatu pengelolaan terhadap fungsi-fungsi keuangan.

Dalam penyelenggaraan pendidikan, keuangan merupakan potensi yang sangat menentukan dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kajian pengelolaan pendidikan. Setiap lembaga pendidikan selalu berhubungan dengan masalah keuangan, yang berkisar pada: uang sumbangan pembinaan pendidikan (SPP), uang kesejahteraan personel dan gaji serta keuangan yang berhubungan langsung dengan penyelenggaraan lembaga pendidikan seperti perbaikan sarana prasarana dan sebagainya.

E. Mulyasa (2002) menjelaskan bahwa tugas pengelolaan keuangan dapat dibagi kedalam tiga fase, yaitu:

1.      Financial Planning

Financial planning merupakan kegiatan mengkoordinir semua sumber daya yang tersedia untuk mencapai sasaran yang diinginkan secara sistematis tanpa menyebabkan efek samping yang merugikan.

2.       Implementation

Ialah kegiatan berdasarkan rencana yang telah dibuat dan kemungkinan terjadi penyesuaian jika diperlukan.

3.      Evaluation

Merupakan proses evaluasi terhadap pencapaian sasaran.

 


BAB II

PEMBAHASAN

A.    Pengelolaan Keuangan Untuk Awal Memulai Bisnis

Strategi keuangan yang efektif meliputi pengelolaan dan pengawasan catatan-catatan keuangan, perencanaa, dan pengelolaan anggaran dalam rangka mencapai tujuan memaksimalkan keuntungan pemilik modal. Efektivitas pengelolaan keuangan akan sangat ditentukan oleh tujuan bisnis yang dimiliki oleh wirausaha dalam dokumen rencana strategisnya. Jika tujuan bisnis adalah membangun skala usaha yang luas, meningkatkan mareket share dan jumlah konsumsen, maka strategi keuangan dengan menetapkan profit margin yang tinggi, hanya menggunakan modal sendiri, dan memperbanyak asset tetap, mungkin tidak akan cocok. Untuk mendukung tujuan bisnis diatas akan lebih tepat dibuat marjin keuntungan yang tidak terlalu besar sehingga harga cukup kompetitif. Digunakan utang karena keterbatasan pendanaan modal sendiri, dan menggunakan asset tetap melalui fasilitas sewa, bukan dimiliki sendiri, untuk meminimalkan modal kerja yang dibutuhkan.

 

Untuk melakukan pengelolaan keuangan secara efektif, Anda dapat menggunakan neraca (balance sheet), laporan laba rugi dan laporan aliran kas (cash flow statements). Neraca, atau yang juga dikenal sebagai pernyataan kekayaan bersih, adalah bentuk laporan yang menjelaskan nilai semua aset yang kita miliki (sisi aktiva) dan nilai semua kewajiban yang kita miliki dan besarnya modal sendiri (sisi pasiva). Dari neraca tersebut, terlihat berapa besar nilai yang berhasil ditambahkan dari modal yang disetor.

 

Sementara itu, laporan laba rugi merupakan laporan yang menunjukkan kinerja pengakumulasian laba dalam kurun waktu tertentu. Nilai laba diperoleh dari pengurangan jumlah pendapatan yang dihasilkan dengan biaya-biaya yang dibutuhkan.

 

Selanjutnya, laporan aliran kas adalah laporan yang merangkum kondisi kas, baik aliran kas masuk maupun aliran kas keluar pada suatu rentang waktu tertentu (minggian, bulanan, atau tahunan). Laporan aliran kas ini memberikan informasi terkait dengan perilaku penerimaan dan pengeluaran usaha.

Tidak seperti laporan yang menggunakan dasar accrual (accrual base), laporan aliran kas menggunakan dasar kas kas (cashe base) sehingga pos-pos seperti depresiasi, smortisasi, dan accruals tidak akan dimasukkan dalam laporan ini.

Dalam setiap usaha, kadang kala kita perlu tahu juga tentang anggaran (budget). Anggaran menjelaskan kondisi keuangan saat ini, sekaligus memberikan arahan untuk mencapai tujuan-tujuan keuangan tertentu.

 

B.     Pengelolaan Keuangan Dalam Bisnis

Dalam Pengelolaan keuangan dalam Bisnis, terdapat 5 langkah, silahkan perhatikan langkah-langkah berikut :

Analisis

Ada beberapa langkah atau syarat agar suatu perusahaan dapat mengelola keuangannya dengan baik, yaitu :

Peramalan kebutuhan keuangan jangka pendek dan jangka panjang

Peramalan jangka pendek menunjukkan peramalan dari pendapatan, biaya, dan pengeluaran dalam periode satu tahun. Bentuk dari peramalan jangka panjang adalah prediksi dari arus kas masuk dan arus kas keluar di masa yang akan datang.

Menyusun anggaran sesuai dengan peramalan yang dilakukan

Anggaran yang biasa disusun oleh perusahaan adalah anggaran operasi, anggaran modal, dan anggaran kas.

·         Menyusun kontrol terhadap keuangan

Kontrol keuangan akan menberikan feedback untuk mengungkapkan departemen dan orang mana yang menyimpang dari perencanaan keuangan

Fungsi Manajemen Keuangan :

1.    Perencanaan Keuangan

Membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu.

a.       Penganggaran Keuangan

Tindak lanjut dari perencanaan keuangan dengan membuat detail pengeluaran dan pemasukan.

b.      Pengelolaan Keuangan

Menggunakan dana perusahaan untuk memaksimalkan dana yang ada dengan berbagai cara.

c.       Pencarian Keuangan

Mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan.

d.      Penyimpanan Keuangan

Mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dana tersebut dengan aman.

e.       Pengendalian Keuangan

Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan pada paerusahaan.

f.       Pemeriksaan Keuangan

Melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar tidak terjadi penyimpangan.

Tugas Pengelolaan Keuangan

a.       Mendapatkan Dana Perusahaan

b.      Menggunakan Dana Perusahaan

c.       Membagi Keuntugan / Laba Perusahaan

d.      Mengelola pajak

e.       Memberi saran kepada Top Management dalam hal keuangan

Yang bertanggung jawab dalam pengelolaan manajemen keuangan adalah manajer keuangan dan manajemen treasury.

Suatu perusahaan harus menyusun atau merencanakan kebutuhan keuangan agar dapat meramalkan seberapa besar anggaran yang diperlukan untuk kebutuhan suatu perusahaan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan menyusun laporan keuangan, seorang manajer dapat mengetahui serta mengontrol keuangan suatu perusahaan.

No

 

Perusahaan besar

Perusahaan kecil

1

Perencanaan

Jangka pendek dan jangka panjang

Anggaran operasi, modal, kas, master budget belum terlalu jelas dan belum terstruktur dengan baik.

Anggaran dana dalam jumlah relatif kecil

2

Penganggaran

Anggaran operasi, modal, kas, master budget sudah jelas dan terstruktur dengan baik.

Anggaran dana dalam jumlah besar

Peminjaman modal relatif kecil, jarang ada investasi dan penanaman modal

3

Pendanaan

Investasi berupa saham penanaman modal.

Peminjaman modal dalam skala besar

Peminjaman modal relatif kecil, jarang ada investasi dan penanaman modal

4

Control dana

Manajer Keuangan

Pemilik perusahaan

5

Audit

Audit internal dan eksternal

Audit internal dari pemilik

6

Pengelolaan pajak

Ada anggaran pajak dalam skala besar oleh manager keuangan

Ada anggaran pajak dalam skala besar oleh manager keuangan

 

Manajemen keuangan yang baik diharapkan dapat memaksimumkan nilai perusahaan, memaksimalkan laba, dan memaksimalkan kesejahteraan pemegang saham (tercermin dalam situasi harga saham di bursa efek). Olaeh karena itu, perencanaan keuangan sangat penting bagi suatu perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar.

BAB III

A.    Kesimpulan

Pengelolaan keuangan adalah sumber daya yang diterima yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan pendidikan. Pengelolaan keuangan dimaksudkan sebagai suatu pengelolaan terhadap fungsi-fungsi keuangan. Tujuan Pengelolaan Keuangan Bisnis yaitu Meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan keuangan Bisnis, Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan Bisnis, dan Meminimalkan penyalahgunaan anggaran Bisnis. Di samping itu, prinsip efektivitas juga perlu mendapat penekanan. Masing-masing prinsip tersebut, yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Efektivitas, Efisiensi. Fungsi Pengelolaan Keuangan Bisnis mencakup 3 fungsi utama , yaitu: Budgetting (membuat anggaran). Accounting (pencatatan atau pembukuan). Auditing ( pemerikasaan atau pengawasan).

 

B.  Saran

Perusahaan perlu meningkatkan kemampuan untuk mengelola dana yang ada secara optimal. Selain itu, perusahaan hendaknya meningkatkan pengetahuan dan pemahaman karyawan, manajemen perusahaan dan staf bagian keuangan mengenai pentingnya meningkatkan efisiensi modal kerja untuk memperoleh rentabilitas ekonomi.

  

DAFTAR PUSTAKA

Internet

irmaanisaa.blogspot.com

Kasali Rhenald, dkk.2010.Kewirausahaan.Jakarta:Hikmah

http://permataqolamiy.blogspot.co.id/2015/04/pembiayaan-usaha-baru.html diakses pada 18 Maret 2017  pukul 22.03 WIB

https://ragilmujiono.blogspot.co.id/2016/09/makalah-manajemen-keuangan.html diakses pada 18 Maret 2017 pukul 22.04 WIB


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makalah Manajemen Keuangan Mengelola Keuangan Bisnis Dengan baik"

Posting Komentar