fungsi RAM dan jenis-jenis-nya


RAM (random access memory)










Ram (random access memory) adalah tempat tersimpannya data semantara,  fungsi RAM yang paling utama adalah tempat peyimpanan sementara sebuah data aplikasi ataupun program selama komputer hidup.

Fungsi lainya dari RAM adalah membantu kinerja kerja komputer agar dapat menyimpan data sementara contoh : jika anda buka sebuah notepad anda mengetik kata dan kata-kata tersebut belum anda simpan di dalam harddisk, nah di situlah peran dari RAM tersebut. Agar data anda tidak mudah hilang dari komputer, semakin besar RAM yang di gunakan akan semakin cepat juga kinerja kerja komputer tersebut.


Jenis-jenis RAM

1)    DRAM (dynamic random access memory) jenis RAM ini merupakan semikonduktor yang memerlukan kapasitor sebagai tumpuan untuk menyegarkan data yang ada di dalamnya. RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari EDO RAM.

2)    SDRAM (sychronous dynamic random access memory) RAM ini memiliki kecepatan lebih tinggi di bandingkan dengan jenis-jenis RAM lainya yakni kecepatanya mencapai 100-133 mhz. RAM ini banyak di gunakan pada tahun 1996 sampai 2003, dan merupakan jenis RAM yang memiliki 168 pin trasfer data.

3)    RDRAM (rambus dynamic random access memory) komponen ini di keluarkan pada era 1995 dengan kecepatan kurang lebih 600 mbytes/sec, RAM ini biasanya di gunakan untuk keperluan gamin oleh gamers karena kekuatanya.

4)    SDRAM (static random access memory) Jenis RAM ini tidak memerlukan kapasitor dan tidak memerlukan penyegaran secara berkala sehingga kijerjanya bisa lebih cepat kecepatanya mampu mengimbangi kecepatan processor 500 MHz, RAM ini di klaim lebih mahal dari yang lain.

5)    EDORAM (extended data out random access memory) RAM ini mulai di kembangkan pada tahun 1995 dan memiliki kecepatan dalam membaca dan mentrasfer data dibandingkan dengan RAM yang lainya. Slotnya sebanyak 72 pin, RAM ini cocok di pakai pada komputer dengan bus mencapai 66 mhz.

6)    FPM DRAM (first page mode dram)  jenis RAM ini tidak jauh beda dari dari bentuk DRAM, kecepatan trasfer maxsimum untuk cache L2 mendekati 167 mb per detik.

7)    FLASH RAM Flash ram merupakan jenis memory berkapasitas rendah yang di gunakan pada perangkat elektronika biasanya di pakai di TV,VCR dan ponsel lama.

8)    VGRAM (video graphic random access memory) biasanya di gunakan untuk menyimpan kandungan pixsel bagi sebuah papan grafik.

9)    DDR SDRAM (double date rate SDRAM) Sekarang ini RAM ini menjadi RAM tercepat yang memiliki kecepatan sangat tinggi diantara yang lain, ram ini dapat menjalankan secara bersamaan 2 instruksi sekaligus dalam waktu yang sama. Memory ini memmiliki pin 184.

10)  SO-DIMM  (small outline dual in-line memory module) memory yang di pakai pada notebook, bentuknya juga ringkas kira-kira setengan dari RAM komputer.


Trimakasih ^_^

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "fungsi RAM dan jenis-jenis-nya"