installasi SYSTEM oprasi berbasis CLI (command line interface)

INSTALASI SYSTEM OPRASI BERBASIS CLI (command line interface)










System oprasi berbasis CLI (command line interface) atau berbasis text, adalah antarmuka pada system oprasi atau computer yang menggunakan menu baris perintah atau text atau ketikan dari keyboard untuk berinteraksi dengan system oprasi atau computer tersebut.

Pada system oprasi berbasis text alat masukannya menggunakan tombol-tombol pada keyboard, tidak bisa menggunakan alat pointing seperti mouse atau joystick. Data-data yang di tampilkan berupa text bukan data grafis, sehingga pada system oprasi ini anda tidak bisa menampilkan gambar atau foto. Alat alat lainnya seperti camera dan scanner juga tidak didukung oleh system oprasi berbasis text ini.
Pada system oprasi berbasis text, user berinteraksi dengan system dengan perintah-perintah yang berupa text.

System oprasi berbasis teks adalah system oprasi yang semata-mata menggunakan teks sebagai alat operasinya. System ini berjalan tanpa menggunakan bingkai jedela sebagaimana yang lazim kita temukan di system oprasi yang lain.


SYSTEM OPRASI BERBASIS CLI (command line interface)

1)    MANFAAT SYSTEM OPRASI BERBASIS CLI (command line interface)

Pemanfaatan system oprasi berbasis text memenga terbatas dan tidak seluas system oprasi berbasis GUI. System oprasi bebasis text dapat di manfaatkan sebagai system oprasi jaringan, program kasir pada took swalayan , pada bank dan sebagainya.

Kelebihan system oprasi bebasis text adalah dalam hal kapasitas memory yang diperlukan sangat lah kecil, namun cukup memadai untuk keperluan tertentu,sehingga investasi tidak memakan biaya yang besar seperti kapasitas storage device ,processor, monitor, RAM, VGA, dan lain-lain
Kelemahan system oprasi berbasis text adalah:

a)     Kurang familier,sehingga hanya dapat digunakan pada kalangan yang  sangat terbatas.

b)    Penampilan juga kuraqng bagus sehingga kurang diminati.


c)     Pemanfaatanya terbatas pada data text, untuk data grafis tidak dapat diterapkan.

2)    Jenis-jenis System Oprasi berbasis CLI (commad line interface)

Disk Operating system

a)     PC-DOS (Personal Computer Disk Operating Sisytem)
Yaitu system oprasi yang di keluarkan oleh IBM-PC/IBM corp

b)    MS – DOS (Microsoft Disk Operating System)
Yaitu system oprasi yang di buat oleh MS – Corporation. (pembuat perangkat lunak di Amerika Serikat).

c)     DR – DOS (Data Riset Disk Operating system)
Yaitu system oprasi yang di keluarkan oleh data riset yang di tunjukan untuk IBM – PC.


UNIX Operating System

system operasi yang diperkenalkan pertama kali oleh AT & T Bell laboratory. Yang merupakan system oprasi ini adalah UNIX. Unix merupakan system operasi berbasis jaringgan yang di keluarkan pada tahun 1960 dan merupakan system oprasi tertua saat ini. Bagian dari UNIX yaitu:

a)     UNIX
b)    OpenBSD
c)     FreeBSD

Unix pertama kali di gunakan oleh computer jenis IBM, HP dan Sun solaris


LINUX

Linux merupakan salah satu operating system Open Source turunan UNIX yang berlisensi GPL (General Public Lisence) dimana pendistribusian dan pengmbangga dapat dilakukan secara bebas. LINUX memiliki kemampuan true multitasking, virtual memory, shared libraries, demand loading, prorper memory management, dan multiuser.

Yang membedakan LINUX dengan system oprasi lainnya adalah harga, LINUX lebih murah dan dapat di perbanyak serta didistribusikan kembali tanpa harus bayar fee atau royaltiy kepada seseorang.

Tetapi yang lebih utama dari LINUX selain harga yaitu “OPEN SOURCE” kebebasan ini yang memungkinkan para vendor hardware membuat driver Untuk device tertentu taqnpa harus mendapatkan lisensi source code yang mahal atau menandatanganinnya “Non Disclosure Agreemant” (NDA).


Sejarah LINUX

Linux diciptakan oleh mahasiswa Finlandia yang bernama “Linus Torvalds”. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar tahun 1991. Kemudian pada tanggal 5 oktober 1991, Linus menggumumkan versi resmi linux, yaitu versi 0,02 yang hanya dapat menjalankan Shell Bash (GNU bourne Again Shell) dang cc (GNU C complier).
Aplikasi-aplikasi LINUX yang dapat untuk keperluan kantor seperti untuk Spreadsheet, Word processor, DataBase dan program editor lainnya yang  memiliki tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Start Office. Selain itu LINUX juga memiliki versi Corel dan aplikasi seperti matlab yang pada linux dikenal sebagai Scilab.

1)    Debian LINUX

Debian linux merupakan jenis linux yang kurang banyak peminatnya, namun banyak yang menggunakan Dwbian LINUX dari kalangan teknis. Mereka puas karna kestabilitasnya selain itu, format paket programnya menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari RPM oleh kalangan teknis. Di bandingkan dari LINUX lainnya Debian kurang meng-update programnya. Debian juga sedah menggunakan metode autodetect untuk menggunakan peripheral pada computer. Proyek ini nanti akan di kenal dengan COREL LINUX, situs dari Debian bisa anda lihat di Http://www.debian.org.


2)    Redhat LINUX

Redhat linux merupakan linux yang paling poluler di Indonesia dan di amerika, dan di rancang khusus untuk sever. Redhat linux lebih cepat di bandingkan dengan linux server lainnya. Selain dapat di gunakan sebagai server redhat linux juga bisa dapat di gunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop. Saat ini redhat sudah banyak beredar versi 9.0
Kelebihan lainnya dari redhat linux adalah kemudahan dalam soal instalasinya dengan prosedur instalasi termudan pada massanya.
Redhat linux menciptakan format paket program RPM yang menjadi standar baku file binner pada linux. Yang di gunakan oleh LINUX lainnya seperti SuSE, Mandrake,dan Caldera. Anda bisa mendownload programnya langsung di http://www.redhat.com/

nb: untuk yang ingin pdfnya anda silahkan downloads filenya di bawah ini!!!


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "installasi SYSTEM oprasi berbasis CLI (command line interface)"

Posting Komentar